Pancasila

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila sebagai Landasan Moral Siswa-Siswi SMA

×

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila sebagai Landasan Moral Siswa-Siswi SMA

Share this article

Latar Belakang

Pada zaman modern seperti sekarang ini, banyak pengaruh negative terhadap suatu negara, salah satunya adalah lunturnya nilai-nilai luhur yang melekat di suatu negara, ini terjadi di Indonesia saat ini. Patut diperhatikan bahwa saat ini banyak pelajar dan anak muda yang rusak secara moral akibat berbagai faktor yang mempengaruhi mereka, antara lain dampak buruk globalisasi, teman, media elektronik, narkoba, alkohol, dan dampak negatif lainnya (Kartini & Dinie, 2021). Hal itu akhirnya melahirkan krisis akhlak dan moral berupa ketidakadilan, pelanggaran hukum, dan pelanggaran hak asasi manusia, serta kurangnya pemahaman, penghayatan, dan kepercayaan akan keutamaan nilai-nilai yang terkandung pada setiap sila Pancasila dan keterkaitannya satu sama lain.

Sebagai salah satu upaya preventif, Pancasila harus diaktualisasikan dalam berbagai bidang kehidupan serta harus muncul dan menjadi nyata dalam bidang integrasi NKRI, kehidupan ekonomi, dalam bidang hukum, dalam bidang pendidikan (TK, SD, SMP, SMA, sampai dengan Perguruan Tinggi), maupun seluruh bidang lain yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Indonesia (Fadilah, 2019). Salah satu cara yang tepat untuk memberikan pondasi moral kepada anak bangsa adalah dengan pendidikan karakter yang berdasarkan dengan nilai-nilai Pancasila.

Berdasarkan paparan latar belakang di atas, tujuan yang akan dicapai dalam penelitian iniĀ  adalah mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan sebagaiĀ  landasan moral siswa-siswi SMA. Berdasarkan hasil kajian terdahulu, implementasiĀ  nilai-nilai Pancasila di era globalisasi bagi peserta didik bisa dilaksanakan dengan menumbuhkan sifat nasionalisme dalam kesempatan-kesempatan yang tepat seperti pada saat peringatan hari sumpah pemuda, hari pahlawan, dan hari besar nasional lainnya (Hidayat, 2021).

Implementasi Pendidikan Pancasila sebagai landasan moral bagi siswa-siswi SMA adalah suatu upaya yang penting dalam pendidikan di Indonesia. Pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk karakter, moral, dan nilai-nilai luhur pada generasi muda. Berikut adalah latar belakang dan pentingnya implementasi Pendidikan Pancasila sebagai landasan moral bagi siswa-siswi SMA:

  1. Pilar Pancasila sebagai Ideologi Negara:

Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang menjadi dasar filosofis dan moral dalam membentuk kepribadian bangsa. Oleh karena itu, penting untuk mengajarkan Pancasila kepada siswa-siswi SMA sehingga mereka dapat memahami nilai-nilai dasar yang melekat pada identitas negara.

  1. Membentuk Karakter Bangsa:

Implementasi Pendidikan Pancasila membantu membentuk karakter siswa-siswi, seperti kejujuran, toleransi, disiplin, keadilan, dan rasa cinta tanah air. Dengan memiliki karakter yang baik, siswa-siswi dapat menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif pada masyarakat.

  1. Mengatasi Krisis Moral:

Dewasa ini, terdapat banyak tantangan dalam hal moral dan etika di masyarakat, termasuk di kalangan remaja. Pendidikan Pancasila dapat menjadi solusi untuk mengatasi krisis moral ini dengan mengajarkan nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, dan kasih saying.

  1. Menghormati Keragaman:

Pancasila juga mengajarkan nilai toleransi dan menghormati keragaman budaya, agama, suku, dan latar belakang sosial. Dengan demikian, siswa-siswi SMA dapat belajar untuk hidup berdampingan dengan orang-orang yang berbeda, meminimalkan konflik, dan menciptakan masyarakat yang harmonis.

  1. Persiapan Masa Depan:

Pendidikan Pancasila memberikan dasar moral yang kuat bagi siswa-siswi SMA dalam menghadapi tantangan di masa depan. Dengan nilai-nilai Pancasila yang kuat, mereka dapat membuat keputusan yang bijak dan menjalani kehidupan yang bermakna.

  1. Menumbuhkan Patriotisme:

Melalui Pendidikan Pancasila, siswa-siswi ditanamkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia. Hal ini dapat mendorong mereka untuk ikut serta dalam pembangunan negara dan melestarikan budaya Indonesia.

  1. Permintaan Global:

Dalam era globalisasi, pemahaman tentang nilai-nilai moral dan etika sangat penting. Siswa-siswi SMA yang memiliki dasar moral yang kuat akan lebih siap untuk berinteraksi dalam lingkungan global dan menjaga reputasi bangsa.

Implementasi Pendidikan Pancasila sebagai landasan moral bagi siswa-siswi SMA perlu dilakukan dengan metode yang tepat, seperti penyampaian materi yang relevan, melibatkan siswa dalam diskusi, dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini, Pendidikan Pancasila dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada perkembangan moral dan karakter siswa-siswi SMA di Indonesia.

 

 

Daftar Pustaka

  1. Kartini & Dinie A. D. 2021. Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling: EduPsyCouns, Volume 3 Nomor 1, ISSN Online: 2716-4446.
  2. Fadilah, Nurul. 2019. Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri. Journal of Digital Education, Communication, and Arts. Vol. 2, No. 2, 66-78, E-ISSN: 2614-6916
  3. Hidayat & Dinie A. D. 2021. Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi. Journal of Education, Psychology, and Counseling: EduPsyCouns, Volume 3 Nomor 1, ISSN Online: 2716-4446
  4. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 3. Sekretariat Negara. Jakarta.